Pantai Dijadikan TPS, Dimana Peran Pemerintah ? - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Senin, 21 Agustus 2023

Pantai Dijadikan TPS, Dimana Peran Pemerintah ?

Sulteng - Belakangan ini, diwilayah pemukiman warga sepanjang pantai dipenuhi tumpukan sampah, baik sampah alam maupun sampah rumah tangga.


Dari amatan awak media ini, disinyalir keberadaan sampah tersebut disebabkan oleh beberapah Faktor, antara lain ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.


Seharusnya hal ini perlu di pikirkan oleh semua pihak khususnya Pemerintah Desa Koyoan dan Pemerintah Kecamatan.


Khususnya di pantai Desa Koyoan, Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah di pesisir pantai justru dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS).


Diduga, Pemerintah desa tidak memikirkan tempat pembuangan sampah bagi masyarakat hingga sungai dan laut di jadikan tempat  pembuangan sampah  yang tentunya akan merusak ekosistem laut


Selain itu, tumpukan sampah yang ada di pinggiran pantai desa koyoan, di samping sampah rumah tangga juga ada yang bersumber dari sampah bawaaan arus laut sehingga menimbulkan pencemaran di pantai dan juga air laut, didominasi sampah utamanya sampah plastik.


Atas kondisi tersebut, diminta kepedulian semua pihak terutama Pemerintah desa untuk mengantisipasi timbulnya pencemaran ekosistem laut.


Salah satu warga desa koyoan, yang enggang di sebutkan namanya"Ungkap,kepada media ini/21/8/2023 


Bahwa mereka melakukan itu karena  terpaksa" kami membuang ke pinggiran pantai tanggul karena belum adanya lokasi tempat pembuangan sampah yang di sediakan pemerintah desa" tutur warga


Warga berharap agar  pemerintah Desa  menyikapi adanya sampah agar tidak merusak ekosistim pada laut yang di buang kesungai dan mengalir ke laut sebab sampah adalah merupakan masalah lingkungan yang sangat serius yang di hadapi masyarakat pada umumnya. ( Nizar )

Pages