Sinergi Lawan Radikalisme dan Terorisme, IAIN Metro Persiapkan Agenda Peneguhan Moderasi Beragama - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Minggu, 08 Mei 2022

Sinergi Lawan Radikalisme dan Terorisme, IAIN Metro Persiapkan Agenda Peneguhan Moderasi Beragama

Kota Metro, (KN) -  IAIN Metro dan UM Metro Persiapkan Agenda Peneguhan Moderasi Beragama, yang digelar diruang rapat Rektor IAIN Metro, Minggu (08/05/2022).


Moderasi Beragama belakangan menjadikan konsen banyak pihak, selain menjadi cara terbaik untuk membangun kerukunan beragama, namun juga menjadi cara menghadapi radikalisme agama


Bertujuan untuk memberikan kontribusi peneguhan Moderasi Beragama, IAIN Metro bersama UM Metro, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah serta GP Ansor merancang agenda besar bertajuk.


 "Peneguhan Moderasi Beragama Melalui Sinergi Lawan Radikalisme dan Terorisme Bersama Menjaga NKRI".


Disampaikan Rektor IAIN Metro Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag. menyelenggarakan rapat pertemuan yang dihadiri oleh Rektor UM Metro Drs. Hi. Jazim Ahmad, M.Pd., Wakil Bupati Lampung Tengah dr. Hi. Ardito Wijaya serta jajaran tim IAIN Metro.


Pertemuan tersebut menyepakati itikad bersama untuk memberikan kontribusi penguatan nasionalisme dan moderasi beragama sebagai salah satu upaya pencegahan terorisme dan radikalisme.


Selanjutnya Siti Nurjanah menyampaikan, ada tiga agenda yang akan diselenggarakan yaitu FGD Moderasi Beragama untuk perwakilan Sekolah Se-Lampung, FGD Moderasi Beragama untuk Forum Rektor PTKIN dan Sholawat Kebangsaan.


"Ketiga kegiatan tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk negara, namun juga menjadi wujud kolaborasi Penthahelix Moderasi Beragama di Lampung". Ujar Siti Nurjanah 


Ardito Wijaya, Wakil Bupati Lampung Tengah juga berharap agenda ini dapat memberikan penguatan ideologis Pancasila untuk masyarakat Lampung.


Dalam pertemuan yang diselenggarakan secara luring dan daring tersebut, Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwahid turut memberikan masukan.


"Agenda ini nanti nya bisa menjadi momentum deklarasi Mujahidin NKRI Lampung. Siapa saja yang Peduli dan memiliki ghairah militansi untuk menjaga konstitusi UUD 1945 dan Pancasila".


R. Ahmad Nurwahid menilai, langkah IAIN Metro bersama tim dapat menjadi percontohan dalam Gerakan Moderasi Beragama. (*)

Pages