Pendiri Payungi, Dharma Setyawan di Undang Dalam Acara Talk Show Kick Andy - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Jumat, 21 Januari 2022

Pendiri Payungi, Dharma Setyawan di Undang Dalam Acara Talk Show Kick Andy

Kysanews.com |Jakarta - Ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Lampung, Abdul Rohman Wahid menyambut baik di undangnya Dharma Setyawan, Pendiri Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Kota Metro Lampung sekaligus pembina GenPI Lampung, dalam program Talk Show Kick Andy di Metro TV.


“Ini menggembirakan dan saya sangat bersyukur serta bangga, penggerak Payungi sekaligus dewan pembina GenPI Lampung diundang dalam program Talk Show Kick Andy untuk berbagi cerita menyampaikan keberhasilannya mendirikan Payungi dan menjadi inspirasi pemuda desa untuk membuat pasar kreatif dan kampung kreatif layaknya payungi,” kata Wahid, Jum'at (21/01/2022).


Wahid menjelaskan, Ia menjadi sosok inspiratif yang seolah-olah menyebarkan virus-virus kreativitas kepada para pemuda desa di provinsi Lampung untuk membuat pasar kreatif dan kampung kreatif layaknya Payungi. Ia di undang di acara untuk tampil dipanggung nasional (Talk Show Kick Andy — Metro TV. Dharma Setyawan diwawancara Andi F Noya dan akan tayang minggu depan di Metro Tv.


Tayangan itu mengangkat kisahnya menjadi seorang penggerak sekaligus pendiri Payungi, berkat tangan dinginnya hari ini payungi sendiri menjadi center pasar kreatif di provinsi Lampung. Tak sedikit para pemuda desa dari berbagai daerah yang ada di provinsi Lampung mengunjungi Payungi untuk belajar dan menimba ilmu tentang bagaimana membuat pasar kreatif agar ramai pengunjung dan selalu konsisten berdiri.


"Hal tersebut menggembirakan karena setidaknya menunjukan keberhasilan kak dharma dan tim-tim kreatif di Payungi dalam menyebarkan virus-virus kreativitas kepada pemuda desa di Lampung. Seolah-olah Payungi Menjadi magnet terbentuknya pasar-pasar kreatif di desa-desa yang ada di Lampung," ujar Wahid.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Dharma Setyawan, menjelaskan tak seperti sulap yang seketika hadir, Payungi mengalami perjalanan panjang hingga akhirnya besar seperti sekarang. Dalam historisnya awal kali merintis sampai meminjam kas mushola sebesar 15 juta. Uang tersebut kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat yang nantinya berpartisipasi membuka lapak di Payungi.


"Bukan tanpa risiko, Saya dan pengurus setempat, bertekat mengembalikan uang kas mushola tersebut jika rencana yang dirancang tidak berjalan sesuai dengan harapan," kata darma saat di hubungi melalui WhatsApp.


Belum lagi rasa rasa sangsi dari masyarakat setempat akan keberhasilan Payungi. namun, segala keraguan itu bisa ditepis dengan baik. akhirnya Payungi bisa sukses sampai sekarang dan memberikan banyak dampak positif.


"Di gelaran kali pertama tersebut, nilai transaksi yang ada di Payungi berhasil menembus angka Rp. 16 juta. sedangkan di gelaran kedelapan, mereka sudah bisa membalikan uang kas yang dipinjam dan hingga sekarang menginjak usia 3 tahun, Payungi sendiri sudah mendapatkan omset 6 milyar lebih terhitung dari 176 kali gelaran," pungkasnya.


Perlu ketahui, didalam Payungi sendiri terdapat lembaga-lembaga penggerak sosial dan pendidikan seperti, Payungi University, Pesantren Wirausaha, Sekolah Perempuan, Kampung Bahasa Inggris, Kampung Kopi Payungi, Bank Sampah Payungi, Sekolah Anak, Kampung Mural dan Kampung Buku Payungi (literasi).


Ia berharap ke depan desa-desa di provinsi Lampung semakin kreatif dan inovatif. Mampu berdaya saing sehingga dapat menumbuhkan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran.  (Rizky)

Pages