Bulan Promosi Daerah Jambi, Tim Kesenian Batang Hari berhasil memukau para Duta Besar Nagara Sahabat - KYSANEWS

Breaking

Definition List

Selamat datang di website KysaNews.Com

Minggu, 20 Agustus 2023

Bulan Promosi Daerah Jambi, Tim Kesenian Batang Hari berhasil memukau para Duta Besar Nagara Sahabat

Jakarta -- Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya. Ada jutaan budaya tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, salah satunya adalah tari tradisional yang menjunjung ciri khas dari suatu daerah tertentu, salah satunya Kabupaten Batang Hari Propinsi Jambi.


Pada pargelaran seni dan budaya yang diadakan badan penghubung propinsi jambi di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah, dimana Tim Kesenian Daerah Kabupaten Batang Hari dibawah binaan zulva fadhil berhasil memukau para Duta Besar Negara Sahabat yang hadir dipekan promosi daerah tersebut.


Dengan diiringi alat musik tradisional dan lagu daerah, tim kesenian daerah batang hari menampilkan dua tari tradisional antara lain "beselang numbuk" dan "pesap".


Beselang Numbuk merupakan suatu karya Seni Tari Tradisional dari Kabupaten Batang Hari, yang dimana Beselang bearti Bergotong Royong dan Numbuk berarti sebuah aktivitas memukul lesung dengan memakai alu. Tarian Beselang Numbuk menggambarkan rasa toleransi kehidupan muda-mudi dalam bersosialisasi, kerukunan hidup dan bergotong royong di suatu desa. Adapun penggarapan karya Tari Beselang Numbuk mempersentasikan beberapa skema seperti berdialog, bersenandung dan memainkan ritme alu menjadikannya sebagai imitasi untuk kekhasan yang mutlak yang disebut sebagai tradisi lesung. 


Pesap merupakan sebuah karya Seni Tari Tradisional Kabupaten Batang Hari, dimana Pesap adalah alat penangkap ikan tradisional yang terbuat dari jaring dan bambu, biasanya digunakan oleh masyarakat tepian sungai Batanghari disaat debit Sungai Batanghari menyusut. Tarian Pesap ini menggambarkan kegiatan memesap dan bentuk interaksi dengan alam serta sosialisasi antar individu dalam kegiatan memesap, garapan tari ini digarap sebagai bentuk kepedulian terhadap tradisi memesap agar tetap terjaga.


Berdasarkan informasi yang dismpaikan oleh Kabid IKP Diskominfo Batang Hari Rikki Jaya Pratama,S.STP bahwa selain dua tarian tadi yang memukau para duta besar negara sahabat, lantunan nyanyian lagu daerah juga turut ditampilkan oleh tim kesenian batang hari antara lain  Lagu kaylana, senandung Batanghari, mainang, Batanghari, yang berhasil membuat suasana lebih semarak ditandai dengan para dutabesar berjoget bersama mengikuti lantunan musik dan lagu tersebut. (Solihin)

Pages